Memahami Jaringan Komputer Dan Jenis-Jenisnya

Sunday, March 01, 2015 2 Comments

Anda tentu pernah melihat dua komputer atau lebih pada sebuah ruangan yang hanya memiliki satu printer, namun komputer-komputer itu mampu menggunakan printer yang sama tanpa perlu memindahkan printer tersebut terlebih dahulu, tidak hanya printer komputer-komputer itu bisa berbagi data/file satu sama lain. itulah salah satu contoh kecil dari penggunaan jaringan komputer.

Nah.. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan kepada pembaca terutama yang belum paham tentang definisi dari jaringan komputer beserta jenis-jenis dari jaringan seperti PAN, LAN, MAN dan WAN.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah beberapa komputer dan perangkat yang terhubung dan memiliki kemampuan untuk bertukar instruksi, data dan informasi. Komputer dan perangkat ini terhubung via perangkat komunikasi (contoh : NIC, HUB, ROUTER, dll) dan media transmisi (Kabel, wireless, dll).

Dengan menghubungkan komputer dan perangkat dalam sebuah jaringan komputer memungkinkan pengguna untuk berbagi printer/scanner, program/software, file, data dan informasi, dan masih banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dari penggunaan sebuah jaringan komputer.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

1. PAN

personal-area-network

sumber gambar : http://theofficenetwork.co.uk/

PAN adalah singkatan dari Personal Area Network. Jenis jaringan yang paling sederhana dan paling sering anda jumpai. Contoh ketika anda menyambungkan handphone anda ke komputer untuk bertukar data atau menyambungkan headphone untuk mendengarkan musik favorit, jadi PAN adalah jenis jaringan komputer yang dibangun untuk komunikasi atau koneksi antar perangkat yang berbeda dalam skala kecil (untuk 1 pengguna) menggunakan media transmisi kabel ataupun wireless dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

2. LAN


sumber gambar : http://allabttech.com/

Jenis jaringan yang paling kecil cakupan areanya adalah LAN jika dibandingkan dengan MAN dan WAN. singkatan dari Local Area Network ini adalah jenis jaringan yang menghubungkan beberapa komputer dan perangkat lain dengan cakupan area yang terbatas atau kecil contohnya di rumah, sekolah, kantor, kampus dll. Jaringan jenis ini berbasis pada teknologi ethernet, selain ethernet membangun jaringan LAN bisa juga menggunakan teknologi wi-fi atau yang biasa disebut hotspot.
Kecepatan transfer data pada LAN cukup tinggi yaitu dari 100 Mbps sampai gigabit dengan biaya pembangunan jaringan yang tidak terlalu besar.

3. MAN


sumber gambar : http://perle.com/

MAN atau Metropolitan Area Network merupakan jenis jaringan yang cakupan areanya lebih luas dari LAN, jangkauan dari MAN bisa hingga 100 km. Contoh penggunaannya adalah jaringan komputer yang terpasang pada sejumlah kantor/bank yang saling terhubung dalam satu kota. Kecepatan transfer data pada MAN juga tinggi (tidak secepat LAN), dari segi kekurangan terletak pada biaya operasional dimana jenis jaringan ini tentu banyak menggunakan kabel (jenis fiber optik) yang menghubungkan tempat yang satu ke tempat yang lain selain itu agak sulit memastikan keamanan jenis jaringan ini dari serangan ataupun spionase.

4. WAN


sumber gambar : http://dicofr.com/

Singkatan dari Wide Area Network, jenis jaringan inilah yang terbesar dari semua jenis jaringan. Cakupan areanya bisa melebihi 100km, tidak lagi terbatas pada satu kota/area, WAN bisa menghubungkan antar negara dan benua, contoh penggunaan jaringan jenis WAN adalah pada perusahaan internasional yang memiliki kantor cabang di berbagai negara dimana semuanya saling terhubung satu sama lain. Internet merupakan contoh jaringan jenis WAN terbesar di dunia. Karena luasnya area cakupan, jaringan WAN bisa terdiri dari gabungan berbagai jaringan LAN dan MAN. Media transmisi pada WAN ialah kabel fiber optic, gelombang radio dan satelit. kekurangannya tentu pada kerumitan untuk pemasangan beserta proteksi keamanan yang membutuhkan biaya besar dan waktu yang lebih lama.





sekian artikel saya kali ini tentang pengertian jaringan komputer dan Jenis-jenis jaringan PAN, LAN, MAN dan WAN.

semoga bermanfaat buat pembaca. wassalam..




./JackTheSystem

Share your knowledge. It is a way to achieve immortality.

2 comments:

  1. Selama ini saya ngertinya cuma LAN doang, hehe. mampir bos ke blog saya:
    http://www.belonomi.com/

    ReplyDelete
  2. GOOD ARTIKEL.. numpang backlink ya jangan lupa kunbal www.fajarmyusuf.blogspot.co.id ;D

    ReplyDelete